Thursday, April 2, 2020

Aspek Pemasaran dalam Kewiraushaan

PEMASARAN

A.   Pengertian Pemasaran Langsung
Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran individu dan organisasi (American Marketing Association).
Sehingga Pemasaran langsung adalah hubungan langsung dengan konsumen individual yang ditargetkan secara hati-hati untuk meraih respon segera dan mencapai hubungan pelanggan yang abadi.

B.   Model Baru Pemasaran Langsung
Pemasar langsung awal perusahaan katalog, surat langsung, dan telemarketer mengumpulkan nama pelanggan dan menjual barang berutama lewat surat dan telepon. Meskipun demikian, saat ini didorong oleh kemajuan pesat dalam teknologi database dan media pemasaran baru terutama Internet, pemasaran langsung telah mengalami perubahan dramatis. Menurut Kepala Direct Marketing Association, Dalam tahun-tahun terakhir, pertumbuhan dramatis Internet dan peningkatan teknologi database canggih telah menciptakan ekspansi pemasaran langsung yang luar biasa serta perubahan besar tentang arti pemasaran langsung, cara penggunaannya, dan siapa yang menggunakannya.



FAKTA


A. Pertumbuhan dan Manfaat Pemasaran Langsung
Pemasaran langsung telah menjadi bentuk pemasaran yang berkembang paling pesat. Menurut Direct Marketing Association, perusahaan AS membelanjakan $161 miliar untuk pemasaran langsung tahun lalu, memasuki sekitar 48 persen total belanja iklan AS. Pengeluaran ini menghasilkan sekitar $1,85 triliun penjualan pemasaran langsung, atau sekitar 7 persen total penjualan dalam ekonomi AS. Dan penjualan yang digerakkan pemasaran langsung tumbuh pesat. DMA memperkirakan bahwa penjualan pemasaran langsung akan tumbuh 6,4 persen setiap tahun pada tahun 2009, dibandingkan dengan proyeksi 4,8 persen pertumbuhan tahunan untuk total penjualan AS.

B. Manfaat Bagi Pembeli
Bagi pembeli, pemasaran langsung bersifat menyenangkan, mudah, dan pribadi. Pemasar langsung tidak pernah berada di dekat pintu rumah mereka, dan pelanggan tidak perlu berjuang menembus lalu lintas, menemukan tempat parkir, dan berjalan ke toko untuk mencari produk. Model baru pemasaran langsung adalah perusahaan seperti GEICO membangun seluruh pendekatan mereka terhadap pasar melalui pemasaran langsung: kunjungi geico.com atau hubungi 1-800-947-auto.

C.   Database Pelanggan dan Pemasaran Langsung
Database pelanggan adalah kumpulan data komprehensif terorganisasi tentang pelanggan individual atau prospek, meliputi data geografis, demografis, psikografis, dan perilaku. Pemasaran langsung yang efektif dimulai dengan database pelanggan yang baik. Database pelanggan (customer database) adalah kumpulan data komprehensif terorganisasi tentang pelanggan individual atau prospek, meliputi data geografis, demografis, psikografis, dan perilaku. Database pelanggan yang baik bisa menjadi alat membangun hubungan yang potensial. Database memberikan kilasan cara pandang dan perilaku pelanggan kepada perusahaan. Kata seorang ahli “Sebuah perusahaan hanyalah sebaik yang mereka tahu (tentang pelanggannya)”.

D.   Bentuk Pemasaran Langsung
Bentuk utama pemasaran langsung meliputi :
1.      penjualan personal
2.      pemasaran pengemasan langsung
3.      pemasaran katalog, pemasaran telepon
4.      pemasaran televisi respons langsung
5.      pemasaran kios, teknologi pemasaran langsung digital baru
Sehingga pemasaran langsung untuk budidaya tanaman pangan guna meningkatkan kapasitas penjualan dari produk tanaman pangan terdapat beberapa media yang dapat digunakan, tentu disesuaikan dengan kapasitas produksi yang sudah dibuat:

a)     Tahap pertama dimulai dengan yang kecil, kenalkan lidah buaya teman dekat, teman sekolah, tetangga disekitar atau teman bermain.
b)    Bila produk mulai bisa diterima dan banyak penggemar, mulailah merambah pasar baru dengan menitipkannya di warung, di toko, atau dikantin sekolah
c)     Manfaatkanlah teknologi internet dan social network seperti instagram facebook atau media sosial lainnya untuk memperluas pemasaran
d)    Gunakanlah penjualan yang kreatif yang hanya sedikit orang yang menjalaninya.
Sebagai contoh bisa memanfaatkan munculnya fenomena “pasar kaget” di tiap kota atau pada saat momen “car free day”




PASAR

Menurut pengertian umum, pasar adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran barang/jasa. Pasar dalam arti sempit adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk mengeadakan transaksi jual-beli barang dan jasa. Namun seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi yang menyebabkan transaksi dapat dilakukan tanpa mempertemukan penjual dan pembeli secara langsung, maka muncul pengertian pasar dalam arti luas, yaitu proses interaksi penjual dan pembeli untuk mencapai harga pasar.

Strategi pemasaran (Analisis 4P)
1)        Product (produk)
Kualitas produk yang mampu memuaskan keinginan konsumen serta kuantitas yang mampu memenuhi kebutuhan pasar
2)        Price (harga)
Mempertimbangkan harga pokok produksi dan melakukan perbandingan harga dengan produk sejenis atau serumpun
3)        Place (tempat)
Lokasi penjualan sebaiknya mempunyai nilai tambah dan memiliki fasilitas yang memuaskan konsumen serta mudah dijangkau oleh para pembeli
4)        Promotion (promosi)
Melakukan promosi pasar sebagai sarana promosi artinya pasar menjadi tempat memperkenalkan dan menginformasikan suatu barang dan jasa tentang manfaat, keunggulan, dan kekhasannya pada konsumen. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain, memasang spanduk, menyebarkan brosur, pameran, dan sebagainya. Banyaknya cara promosi yang dilakukan oleh produsen, membuat konsumen lebih selektif dalam memilih barang yang akan dibeli. Biasanya produsen yang menawarkan barang dengan harga murah dan kualitasnya bagus akan menjadi pilihan konsumen.

PESAING USAHA

Persaingan atau kompetisi adalah bersaingnya para penjual yang sama-sama berusaha mendapatkan keuntungan, pangsa pasar, dan jumlah penjualan. Para penjual biasanya berusaha mengungguli persaingan dengan membedakan harga, produk, distribusi dan promosi. Menurut adam Smith bahwa persaingan akan mendorong alokasi faktor produksi kearah penggunaan yang paling bernilai tinggi dan efisien. Suatu usaha dikatakan berinovasi dan berkreasi jika mampu menjadikan produk tersebut: make it better, make it special produk, make it first, nake it modification, clonning and subtitute.

PENGENALAN ANALISIS SWOT


Dalam merintis usaha  seorang wirausaha melakukan analisis SWOT

1.     Strenghts
Factor yang dapat dikategorikan kedalam”  kekuatan” antara lain :
a.     Modal yang cukup besar
b.    Manajemen yang professional dan berwibawa
c.     Memiliki kantor dan jaringan yang cukup besar
d.    Jumlah staf/personil cukup banyak
e.     Kemampuan personal pendidikan dan pegalaman relative baik
f.     Dedikasi personal terhadap tugasnya relative tinggi
g.    Sarana yang dimiliki cukup lengkap
h.    Staf yang memiliki insiatif, kreatif, inovatif dan produktif

2.     Weakness
Factor yang tergolong “ kelemahan “ merupakan kekurangan  yang sifatnya kebalikan dari strengths.

3.     Opportunities  ( kesempatan / peluang )
a.     Peraturan pemerintah yang menunjang
b.     Fasilitas atau hak yang diberikan ( memperoleh kemudahan izin
c.      Lingkungan tempat usaha yang memberi kesempatan /mendukung
d.     Dukungan dari Dewan Pengembang Usaha Nasional
e.      Restrukrisasi penguasaan asset ekonomi
f.       System ekonomi yang mendukung
4.     Threties ( ancaman )
        a.   Peraturan pemerintah yang belum jelas
        b.  Pengurusan ijin yang terlalu birokratis
        c.   Kurangnya dukungan dari DPUN
        d.  Kerugian yang cukup besar
        e.   Lingkungan yang kurang memberi kesempatan
        f.   Situasi pasar


TERIMAKASIH





No comments:

Post a Comment